artikelBerita Umum

TP PKK Kelurahan Tasikmadu gelar pembinaan Sam Gepun Basa

Untuk meningkatkan pemenuhan dan ketersediaan data SAM GEPUN BASA, Tim Penggerak PKK Kelurahan Tasikmadu mengadakan kegiatan pembinaan dasawisma pada hari Rabu, 6 Juli 2022. Acara yang dihadiri oleh seluruh Ketua Dasawisma se Kelurahan Tasikmadu ini diisi materi tentang tata cara input data pada aplikasi SAM GEPUN BASA (Smart City Malang Gerakan Menghimpun Data Berbasis Dasawisma). Dalam sambutannya, Lurah Tasikmadu Adhi Kristanto, S.Pd, M.AP menjelaskan pentingnya penghimpunan data melalui aplikasi SAM GEPUN BASA. “Tim Penggerak PKK Kelurahan Tasikmadu dengan difasilitasi oleh Kelurahan, akan terus menerus mendorong partisipasi seluruh warga dalam pemenuhan data yang dientry pada aplikasi, karena data-data tersebut diperlukan dalam perumusan kebijakan strategis Kota Malang” jelas Adhi Kristanto, S.Pd, M.AP.

SAM GEPUN BASA merupakan program unggulan atau inovasi Tim Penggerak PKK Kota Malang sebagai mitra kerja Pemerintah Kota Malang, selain Sistem Informasi Manajemen (SIM PKK), berupa aplikasi penghimpunan data kondisi riil masyarakat berbasis peran aktif PKK di tingkat Rukun Tetangga (RT) atau Dasa Wisma. Aplikasi ini meruoakan salah satu implementasi dari program Malang Smart City.

Acara bertempat di Aula Kelurahan Tasikmadu, Jl. Atletik Kota Malang, dipandu dan didampingi secara langsung oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Tasikmadu, Diana Nur Utami, M.Pd., dan sebagai pemateri Ibu Fauziah, admin SAM GEPUN BASA tingkat Kelurahan Tasikmadu. Peserta pembinaan, Ibu Minarni sebagai Ketua Dasawisma Sedap Malam 3 memberikan kesan-kesannya, “Aplikasi ini sebenarnya tidak sulit, tetapi kurangnya apresiasi dari warga karena keterbatasan informasi sehingga pemenuhan data berjalan lambat. Tetapi saya optimis data yang diinput akan semakin meningkat dan perlunya memastikan kevalidan data yang diinput”.